Sabtu, 16 Februari 2008

SUKSES BERKAT SIKAP POSITIF

Tantangan sebagai pemimpin bisnis tidak ringan. Meski demikian, bukan berarti hal itu membuat kita patah arang.

Kesuksesan adalah impian setiap pemimpin, bahkan semua orang. Yakinlah bahwa tiap orang ingin sukses. Tak ada seorang pun yang punya cita-cita untuk gagal.

Mengejar sukses perlu strategi. Kecuali Anda menang lotere, kesuksesan harus diraih lewat suatu upaya, komitment, konsistensi, dan kerja keras.

Pondasi terpenting dari langkah menuju sukses adalah sikap Anda. Sikap (attitude) menentukan tingkat kesuksesan yang bakal Anda raih.

Ada perbedaan antara orang sukses dengan yang tidak sukses dalam hidup.
Kehidupan orang sukses senantiasa diatur dan dibayangi oleh pikiran tentang saat-saat terbaik mereka, rasa optimistis yang tinggi, serta rangkaian pengalaman terbaik mereka. Jim Dornan & Robert C. Naxwell menulis dalam buku mereka yang berjudul Strategi Menuju Sukses (1996), orang yang sukses harus selalu berpikiran positif.

Sementara itu, kehidupan orang gagal selalu dibayangi oleh rasa ragu serta bayangan kegagalan di masa lalu. Mereka tidak bisa memaafkan dirinya, bahkan kerap mengutuk dirinya sendiri.

Pendeknya, belenggu kegagalan masa lalu harus Anda patahkan, dan mulai arahkan hidup ke masa depan. Pikiran negatif cuma mempersulit kita menjalani dan menikmati hidup.

Perjalanan menuju sukses perlu strategi. Sebagaimana lazimnya, strategi adalah cara mencapai tujuan (visi) dengan jelas. Kriteria tujuan itu adalah S . M . A . R . T

S.M.A.R.T adalah kependekan dari rumus: mesti Spesific (tajam rumusannya), Measurable (terukur), Attainable (bisa dicapai), Realistic (masuk akal), dan Time phase (ada fase-fase waktunya)

Visi besar bisa sangat idealistis. Tidak ada yang salah dengan hal ini, asalkan dalam strategi pencapaiannya bisa Anda bagi (cacah) ke dalam bingkai waktu perencanaan. Bisa tahunan, tiga tahunan, dan lima tahunan.

Yang terpenting, jika gagal di tengah jalan, segera bangkit. Disinilah sikap (attitude) sangat menentukan.

Ada beberapa tips praktis untuk membangun sikap positif. Diantaranya adalah :

  • Punya model kesuksesan
    . Pilih beberapa orang yang Anda anggap sukses, baik yang masih hidup ataupun yang sudah jadi legenda. Proses belajar cepat adalah pertama-tama imitasi (meniru). Bertindak dan berpikirlah seperti mereka. Setelah proses imiasi, masuk ke improvisasi, lalu inovasi dan invensi. Pada gilirannya Anda akan punya gaya sendiri yang otentik.

  • Tanamkan pikiran positif dan pusatkan pikiran hanya pada hal-hal yang membangun
    . Dengan demikian Anda akan memancarkan sikap yang baik, dan tidak ragu-ragu untuk menceritakan tujuan atau visi Anda.

  • Perlakukan setiap orang yang Anda jumpai dalam hidup iini sebagai orang yang paling penting di dunia
    . Sikap penghormatan yang Anda berikan akan memantul balik pada aura Anda. Usahakan supaya semua orang yang Anda temui merasa dibutuhkan, diperlukan dan dihargai.

  • Berusaha untuk melihat hal-hal yang terbaik dalam diri tiap orang
    .
    Selalu carilah yang terbaik dari setiap gagasan yang muncul.

  • Jangan buang waktu untuk soal sepele
    . Dalam manajemen waktu, hal sepele adalah soal-soal yang destruktif terhadap pencapaian visi dan yang merusak hubungan (relasi) dengn orang-orang yang memegang peran penting dalam gambaran visi.

  • Kembangkan dalam diri kita mental untuk memberi
    . Tak ada seorang pun yang akan menolak Anda, jika yang akan Anda berikan dan lakukan bakal membantu memecahkan masalah yang mereka hadapi.

Perlu kita camkan baik-baik bahwa berpikir dan bersikap positif bisa dipelajari dan dilakukan siapa pun. Bagaimana pun keadaannya, apa pun tabiatnya, bahkan setinggi atau serendah apa pun tingkat kecerdasannya.


ORANG SUKSES SELALU BERPIKIRAN POSITIF, SEMENTARA ORANG GAGAL ITU SELALU DIBAYANGI KERAGUAN DAN KEGAGALAN PADA MASA LALU

Tidak ada komentar:

Google